Minggu, 13 Desember 2009

Ibuku, Lentera Hidupku

31 Agustus 1992, seorang wanita bertaruhkan nyawanya demi melahirkan seorang bayi, aitu aku. 9 bulan aku terkurung dalam dunia yang akupun tak tahu siapa aku, dimana aku, dan bagaimana aku. Dalam waktu itu juga ibuku selalu membawaku kemanapun dia berada, kutahu walaupun terasa berat dan letih, api ku juga tahu ibuku ikhlas untk melakukannya.
Disaat masa kecilku, aku diajari berbagai hal, mulai dari berlatih bicara, tengkurep, "mbrangkang", dan berjalan. Setiap ku menangis, ada dua hal yang dapat menenangkanku, yakni ibuku menimang-nimangku serta ASI. Hal itu gratis kudapat darinya. Selain itu aku juga diajari hal yang baik dan buruk, itu karena ku belum mengerti arah mana yang benar.
Pada saat usiaku menginjak 4 tahun, ayahku yang kusayangi meninggalkan kami semua di dunia ini.Beliau wafat. Hal itu semakin membuat beban ibuku menjadi lebih berat untuk membesarkanku. Ibuku memiliki dua peran sekaligus, yakni menjadi seorang ibu dan ayah.
Kutahu betapa beratnya beban ibuku, tapi terkadang aku selalu membuatnya jengkel dan kesal. Betapa bodohnya aku ini. Meskipun demikian, ibuku selalu tegar dan sabar menghadapiku.
Pada saat masa TK, aku selalu diantar untuk pergi sekolah. Dan beliau berharap padaku untuk kelak menjadi orang yang sukses, bagi diriku sendiri dan bagi orang lain. Ku juga selalu teringat kalimat yang terucap dari ibuku,"Le, yen sekolah sing tenanan, supoyo pinter! ibu cuma iso nyangoni ilmu nang awakmu kanggo masa depanmu".
Dan kini setelah ku mulai beranjak dewasa, setiap ku ingat kalimat itu, aku menjadi sedih sekaligus menjadi semangat demi mencapai mimpi-mimpiku. Dan setiap saat ku selalu berharap agar suatu saat nanti ku bisa membuat ibuku tersenyum bangga melihatku menjadi orang yang sukses, berguna bagi oran-orag di sekelilingku.
Pada hari ini, 22 Desember, aku sebagai anak ingin selalu berusaha untuk menjadi anak yang berbakti kepaa kedua orangtuaku, terutama untuk IBUKU...

"SELAMAT HARI IBU",KASIH SAYANGMU SEPANJANG JALAN....


22 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar